Partai Gelora Indonesia, Moment of Luck

oleh -108 views
Momentum Partai Gelora
Momentum Partai Gelora.gstatic.com

POLITIK.PERDANANEWS.COM  – Opini – Partai Gelora Indonesia, Moment of Luck. Oleh : -@irfanenjo- Ada hal yang menarik disampaikan oleh Anis Matta dalam acara Halal bil Halal Nasional yang dilaksanakan secara daring DPN-DPW Partai Gelora se-Indonesia, dalam kesempatan ini Anis Matta mengenalkan istilah “Moment of Luck”

Anis Matta menyampaikan, khususnya kepada semua fungsionaris yang terhubung di link zoom serta anggota melalui media sosial bahwa Partai Gelora Indonesia lahir di Indonesia harus sebagai “Moment of Luck” ; moment keberuntungan bagi seluruh Bangsa Indonesia.

Istilah moment of luck yang disampaikan oleh Anis Matta adalah istilah unik dan tidak biasa bagi sebuah partai politik. Bahkan mungkin tidak ditemukan dalam terminologi politik. Elektabilitas, kontribusi, kepemimpinan, relevansi adalah kata-kata yang umum digunakan oleh partai politik dalam mengukur “benefit” partai politik terhadap publik. Tetapi ketika Anis Matta mengambil istilah “luck” (keberuntungan) dalam menggambarkan benefit Partai Gelora Indonesia bagi seluruh bangsa Indonesia bisa dimaknai dalam beberapa hal;

(1) “Moment of Luck” atau moment keberuntungan berorientasi pada “kebermanfaatan”. Anis Matta menginginkan bahwa generasi muda sekarang 20 tahun yang akan datang mempunyai memori atau kesan bahwa pikiran dan kehidupan mereka lebih baik ketika mereka bergabung dan berinteraksi dengan Partai Gelora Indonesia.

(2)  “Moment of Luck” atau moment keberuntungan berorientasi “perubahan”. Kehadiran Partai Gelora Indonesia harus menjadi unsur perubahan bagi rakyat Indonesia ke arah yang lebih baik. Kita tidak membuat orang miskin menuntut orang kaya untuk berhenti kaya, tetapi kita berbuat agar orang miskin berubah menjadi berdaya, sehingga dari waktu ke waktu kehidupannya lebih baik.

(03)  “Moment of Luck” atau moment keberuntungan berorientasi fokus bekerja. Karena moment adalah peristiwa, ada kerja dan amal di situ, di situlah kita di kenang dan diceritakan oleh generasi mendatang. Pada ujungnya Anis Matta berharap publik mencatat bahwa Partai Gelora Indonesia adalah partai yang meriwayatkan sejarah masa depan bangsa Indonesia.

(04) “Moment of Luck” atau moment keberuntungan berorientasi perencanaan dan presisi. Sebuah moment harus direncanakan agar berdampak “benefit” dan “presisi”; targetnya jelas, segment masyarakat yang dituju jelas, dan hasil akhirnya jelas.

(05) “Moment of Luck” atau moment keberuntungan berorientasi produktifitas. Satuan kerja tim yang bekerja dalam satuan waktu tertentu, dalam pekerjaan tertentu, dalam budget tertentu dengan efek kebermanfaatan yang berlimpah bagi publik; itulah produktifitas.

Lima makna ini menjadi inspirasi kepada seluruh fungsionaris Partai Gelora Indonesia untuk :

(1) Bekerja memberikan manfaat sebanyak mungkin kepada rakyat, sehingga rakyat mempersepsi bahwa kehadiran Partai Gelora Indonesia di tengah-tengah mereka adalah takdir baik bagi mereka.

(2) Bekerja menjadi inspirasi perubahan ke arah yang lebih baik bagi semua orang.

(3) Bekerja dan terus bekerja agar publik mengingat bahwa pekerjaan yang dilakukan Partai Gelora Indonesia adalah keberuntungan bagi mereka

(4) Bekerja secara terencana dan terukur. Kerja-kerja Partai Gelora Indonesia direncanakan dengan baik dengan tujuan dan sasaran yang tepat.

(5) Bekerja secara tim dan kolaborasi, secara efektif dan efisien.

Semoga dalam kerja-kerja Partai Gelora Indonesia ke depan menjadi moment keberuntungan bagi Bangsa Indonesia. Amiin…(sbr/pn)

Jakarta, 23 Mei 2021

-@irfanenjo-