PAN akan Dukung Gibran di Pilgub DKI, Ini Syaratnya

oleh -93 views
Ketum PAN Zulkipli dengan Gibran
Ketum PAN Zulkipli dengan Gibran saat pembeerian dukungan maju di pilwalkot Solo.perdananews.com

POLITIK.PERDANANEWS.COM – BANDUNG – PAN akan Dukung Gibran di Pilgub DKI, Ini Syaratnya. Bak mutiara yang baru terlihat, Gibran Rakabuming Raka (GRR) baru saja memimpin kota Solo dalam usia yang seumur jagung, namun sudah banyak partai politik yang menggadang-gadangnya untuk pilgub DKI Jakarta.

Salah satu partai politik yang mulai melirik Gibran adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan masih ingin melihat kinerja Wali Kota Solo itu sebelum memutuskan untuk mendukungnya dalam kontestasi politik di DKI Jakarta.

Zulkifli menjelaskan, saat Pilwalkot Solo, PAN sudah all out memberikan dukungan langsung dalam pencalonan Gibran hingga terpilih menjadi Walkot. Zulkipli juga menyampaikan bahwa masih banyak waktu bagi putra presiden Joko Widodo itu untuk membuktikan janji kampanyenya.

“Dia kan baru jadi Wali Kota, kita dukung semoga dia sukses, bekerja dengan baik Pilkada kan masih lama 2024, nantilah kita lihat. Saya dukung kampanye ke Solo, biar sukses dulu di Solo,” beber Zulkipli di Bandung, Sbtu, (27/3/21).

Sementara itu berbicara pilgub  luar DKI Jakarta, Zulkifli memiliki stok kader yang banyak untuk dimunculkan dalam Pilgub Jabar. Ada beberapa nama yang potensial antara lain adalah Desy Ratnasari dan Bima Arya. Namun Zulkipli menginginkan adanya penambahan kursi  yang signifikan sebelum mengejar itu semua.

Seperti diketahui PAN di Jawa Barat saat ini hanya memiliki tujuh kursi parlemen. Jika pada saat pemilihan legislatif pada 2024 kursinya tidak meningkat, Zulkipli membuka peluang koalisi dengan posisi calon yang disesuaikan.

“Kan (pemilihan 2024) nanti pileg dulu, kita rebut dulu biar banyak, kalau kursinya banyak layak untuk Gubernur. Kalau tidak layak, ada yang lebih bagus lagi, kita gapapa (mencalonkan kader PAN) nomor dua (wakil calon gubernur),” tutup Zulkipli.

Sebelumnya diberitakan bahwa Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi siap mendukung Gibran maju di Pilgub DKI Jakarta. Viva menganggap  Gibran memiliki elektabilitas yang cukup bagus. Pilkada serentak sendiri akan diselenggarakan bulan November 2024, setelah Pemilu 2024 bulan April.

“Jika Mas Gibran berniat maju dan berpeluang besar menang karena memiliki elektabilitasnya bagus, tentu PAN akan mendukung di Pilkada DKI 2024,” kata Viva Kamis (25/3/21).

Bagaimana kira-kira formula pilgub DKI nanti, kita tunggu tanggal mainnya. (sbr/pn)