, , ,

Partai Gelora Berbagi Cara dan Resep Membuat Pie yang Enak

oleh -292 views
Partai Gelora Berbagi Cara dan Resep Membuat Pie yang Enak

Mia mengakui bahwa pie bukan menu lokal, tapi pie sudah menjadi makanan global. Tersebar di berbagai negara dunia seperti Eropa, Mediterania, Amerika dan lain-lain, termasuk di Indonesia.

“Pie ini bukan menu lokal, tapi sekarang sudah jadi menu global. Di berbagai negara telah diadaptasi, di Mediterainia ada Pie Tian, di Amerika ada Pie Apel. Tapi kita tidak bikin dua menu itu, kita bikin yang lain, smoked beef pie (pie dagang asap) dan cheese tart pie (pie strowberry),” kata Pie.

Bertempat di dapur Studio Partai Gelora di Jakarta, Mia dibantu Mala mulai menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dua menu pie tersebut. Seperti shell tart (kulit pie), daging cincang, butter, tepung terigu, gula dan garam secukupnya, cheese dan strowberry.

Cara Membuat Pie yang Enak

Untuk membuat kulit pie, butter dan telur kemudian dikocok. Setelah mengembang kemudian dicampur tepung terigu, ditambah gula dan garam secukupnya. Kemudian setelah tercampur, dimasukkan ke lemari pendingin (kulkas) selama satu jam, sambil dibungkus plastik.

“Pie itu sebagaian besar kulit, selain isi. Untuk urusan kulit saja ada ritualnya sendiri. Bikin strudel saja bisa 5 kali disimpan dikasih butter, tapi kalau pie ini cukup satu jam saja,” katanya.

Setelah kulit pie siap, siapkan cetakan dan masukkan daging cincang tanpa lemak, yang terlebih dahulu telah ditumis dengan bawang bombay dan bawang putih untuk smoked beef pie, dan tambahkan cheese cake dan strowberry untuk cheese tart pie. Kemudian panaskan dengan microwave beberapa saat dan pie siap dihidangkan

Mia mengatakan, bisnis pie yang ditekuninya berawal dari sekedar hobi membuat kue, namun lama-lama menjadi bisnis hingga kini. “Dari hobi, lama lama jadi bisnis. Ini sebenarnya bongkar rahasia bisnis,” kilahnya sambil tertawa kecil.

Tidak ada resep khusus yang dia pegang. Untuk bahan baku dan cara pengolahan, dia hanya mengandalkan ingatan dan terkaan saja.

Setidaknya dia memerlukan waktu lebih dari tiga kali eksperimen untuk bisa menghasilkan cita rasa pie yang lezat.

“Saya minta testimoni anak, suami, dan para tetangga. Alhamdulillah mereka memuji pie bayam buatan saya, katanya enak,” ungkap Mia.

Saat ini sudah ada 13 varian yang dijual oleh Zeytin Pie. Mia menawarkan antara lain pie daging asap, pie ayam jamur, pie pisang vla susu, pie mixfruit cinnamon, pie apple almond, pie bayam zaitun, pie nanas tarte, pie pisang opera coklat, klaapertpie, dan pie cheese tart.

Baca Juga : Hadapi Koneksi Global, Anis Matta Sebut Indonesia Butuh Kapasitas Leadership

Nah, Bagi Sahabat Gelora yang terlambat mengikut live ‘Home Made Pie|Gahora Berbagi Resep’, cara membuat pie ala Mia, pemilik Zeytin Pie berikut resepnya, rekamannya bisa disaksikan di Youtube Partaigelora.id. Selamat mencoba!

(ceo/pni)